FAQ General
Apa itu Shoesmart?
- Shoesmart adalah website e-commerce penjualan online khusus sepatu di Indonesia, di mana kamu bisa berbelanja kebutuhan alas kaki, seperti sepatu dan sandal, untuk pria, wanita, dan anak-anak dari ratusan brand sepatu favoritmu.
Bagaimana cara memesan/membeli barang di Shoesmart?
- Sangat mudah sekali! Pemesanan bisa dilakukan melalui website www.shoesmart.id atau aplikasi Shoesmart yang bisa kamu unduh di App Store iOS atau Play Store Android melalui gadget kesayanganmu
Di mana lokasi toko retail Shoesmart?
- Shoesmart adalah toko online. Anda bisa memesan dari manapun di Indonesia dan kami telah berpengalaman mengirimkan ke seluruh Indonesia.
Dari mana produk-produk Shoesmart berasal?
- Semua produk di Shoesmart berasal dari supplier resmi brand-brand sepatu lokal yang terpercaya.
Apakah Shoesmart memiliki layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat?
- Tidak, seluruh pembayaran Shoesmart saat ini bisa melalui kartu kredit, bank transfer, atau e-wallet seperti OVO, Gopay, Shopeepay, LinkAja, dll.
Apakah produk yang telah dibeli bisa dikembalikan?
- Tidak, setiap produk yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan, kecuali terdapat kesalahan yang disebabkan oleh pihak Shoesmart, seperti barang, warna, atau ukuran yang berbeda dari pesananmu. Kami tidak menerima pengembalian karena kamu tidak menyukai model barang pada barang tersebut. Untuk itu, pastikan dengan benar dan tepat bahwa produk yang kamu pesan benar-benar telah sesuai.
Apakah Shoesmart membuka kerjasama dengan sistem reseller/dropship?
- Tidak, untuk saat ini kami belum membuka kerjasama dengan sistem reseller/dropship.
Bagaimana cara menjadi seller di Shoesmart?
- Untuk menjadi seller di Shoesmart, silakan isi Formulir Pendaftaran Seller. Jika brand kamu lolos seleksi maka kami akan menghubungimu.
Pesanan saya belum sampai.
- Pastikan kamu telah mengecek estimasi barang sampai pada rincian pesanan yang ada pada email kamu. Jika pesananmu belum sampai hingga melewati batas estimasi sampainya barang, mohon hubungi Customer Service kami.
Dimana saya bisa memperoleh informasi atau promo terbaru dari Shoesmart?
- Kamu bisa mengetikkan alamat emailmu di kolom “Subscribe Newsletter” yang terletak di bagian bawah halaman website Shoesmart. Kamu juga bisa mendapatkan update informasi terbaru tentang Shoesmart dengan mengikuti akun kami di media sosial.
Facebook: Shoesmart
Instagram: @shoesmart.id
FAQ ACCOUNT
Apakah saya harus membuat akun untuk berbelanja di Shoesmart?
- Ya, memiliki akun akan mempermudah proses belanja kamu karena kamu cukup sekali menulis data pribadi dan alamat pengiriman. Kamu juga bisa mendapatkan newsletter yang berisi info promo, penawaran khusus, dan beragam manfaat lainnya dari Shoesmart.
Setelah mendaftar apakah saya sudah mempunyai akun di Shoesmart?
- Ya, kamu sudah mempunyai akun di Shoesmart. Demi kenyamananmu saat berbelanja, harap isi informasi akun yang sudah disediakan. Pilih “Akun Saya” yang terdapat pada nama user kamu dan isi dengan sebenar-benarnya.
Bagaimana cara mengubah data akun saya di Shoesmart?
- Kamu dapat masuk ke akun Shoesmart-mu kapan saja. Setelah log in dengan akun media sosialmu, kamu dapat mengubah data akunmu. Klik pada username-mu yang terdapat di bagian atas screen (top bar). Kamu dapat mengubah :
- Password
- Personal details
- Shipping details
- Newsletter subscription option
- Lakukan pengecekan terhadap data akunmu secara rutin untuk memastikan kami memiliki datamu yang benar dan aktual.
FAQ ORDER
Apa yang terjadi setelah saya menekan tombol “Checkout”?
- Barang yang kamu pesan hanya akan dikirim apabila pihak Shoesmart telah menerima pembayaranmu.
Berapa lama pesanan akan diproses?
- Setiap pesanan akan diproses paling lambat 2 x 24 jam sejak pesanan dibuat. Estimasi kedatangan barang di tempat kamu sesuai dengan keterangan yang ada di website kurir yang kamu pilih.
Apakah saya bisa mengganti atau membatalkan pesanan saya?
- Jika kamu belum melakukan pembayaran, kamu masih bisa membatalkan atau mengganti pesananmu dengan menghubungi nomor Customer Service Shoesmart di nomor berikut ini Phone/WhatsApp: 0896-8555-5699 atau live chat Customer Service Shoesmart.
- Bila kamu telah melakukan pembayaran, maka pesananmu tidak bisa dibatalkan atau diganti.
Bagaimana jika saya menerima barang yang berbeda dari pesanan saya?
- Anda dapat menghubungi nomor Customer Service Shoesmart untuk melakukan penggantian barang atau pengembalian dana.
Bagaimana jika saya menerima barang cacat?
- Anda dapat menghubungi nomor Customer Service Shoesmart dengan menyertakan:
- No. Nota
- Nama barang
- Jumlah barang yang diterima dalam keadaan cacat
- Deskripsi kecacatan
- Kami akan segera memproses dan mengganti barang yang kamu terima secepat mungkin.
Saya sudah memesan barang, sudah membayar, tetapi tidak ada notifikasi via email. Apakah memang begitu?
- Notifikasi via e-mail akan muncul setelah tim kami mengonfirmasi pembayaranmu. Periksa juga folder “Spam” emailmu karena terkadang notifikasi email dari kami masuk ke dalamnya.
FAQ PAYMENT
Bagaimana cara menggunakan kode voucher?
- Ketika kamu menekan tombol “Checkout” pada halaman Checkout, terdapat sebuah kolom yang dapat diisi menggunakan kode voucher atau diskon barang di halaman selanjutnya di bagian bawah kiri.
- Klik “Lihat Voucher” untuk melihat voucher yang sedang berlaku yang bisa digunakan untuk pembelian produk tersebut.
- Pilih voucher yang kamu inginkan.
- Klik “Gunakan Kode” untuk menghitung total harga berdasarkan event yang sedang berlangsung berkaitan dengan kode voucher atau diskon tersebut.
Mengapa voucher saya tidak dapat digunakan?
- Anda telah memasukkan kode voucher, namun kode tersebut tidak berfungsi. Kemungkinan besar penyebabnya adalah:
- Voucher Anda sudah kedaluwarsa.
- Anda belum memenuhi syarat pembelian minimum untuk mendapatkan potongan harga.
- Jika Anda merasa kedua hal diatas bukan penyebab tidak berfungsinya voucher Anda, silakan hubungi Customer Service kami.
Bagaimana cara membayar pesanan saya?
- Kamu dapat menggunakan salah satu metode pembayaran yang tercantum di bawah ini untuk membayar pesananmu.
- Transfer bank
- Kartu kredit
- E-wallet seperti Gopay, OVO, Shopeepay, LinkAja, DANA, dll.
- Direct Debit seperti BCA Klikpay, e-pay BRI, dll.
- Merchant seperti Indomaret, Alfamart.
Saya memilih untuk membayar pesanan dengan kartu kredit. Apakah akan dikenai biaya tambahan?
- Tidak ada biaya tambahan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit.
Apakah proses pembayaran di Shoesmart aman?
- Proses pembayaran di Shoesmart sangat aman dan kami berkomitmen untuk menjaga data pribadi pelanggan kami dan tidak menggunakan data tersebut untuk tujuan lain di luar pihak Shoesmart.
FAQ Shopping
Dimana saya bisa mengetahui ukuran produk dan instruksi perawatan?
- Kami menyediakan informasi Ukuran Produk di setiap halaman produk. Ukuran produk dapat berbeda untuk setiap brand sepatu di Shoesmart. Sesuaikan ukuranmu dengan ukuran yang tersedia pada setiap produk. Untuk mengetahui cara menentukan ukuran, silakan lihat halaman ini.
- Perawatan produk dapat dilakukan dengan mengenali produk berdasarkan jenis bahannya. Kami juga menyediakan informasi perawatan produk di setiap halaman produk.
Barang yang saya inginkan sudah sold out, apakah Shoesmart akan melakukan restock?
- Beberapa produk di Shoesmart akan di-restock oleh Seller yang bersangkutan dan sebagian lagi tidak di-restock. Kamu dapat menghubungi Customer Service kami untuk mengetahui apakah barang yang kami inginkan akan di-restock atau tidak.
Produk yang saya inginkan tidak ada di halaman koleksi, apa yang terjadi?
- Coba refresh halaman tersebut, posisi produk kemungkinan berubah karena ada produk baru yang di-upload.
- Jika kamu masih tidak menemukannya, kemungkinan produk tersebut telah habis terjual.
- Jika kamu tidak yakin, silakan hubungi Customer Service kami.
Bisakah saya melakukan pemesanan melalui email, sosial media, atau chat WhatsApp?
- Tidak bisa. Pemesanan hanya bisa dilakukan melalui website kami di www.shoesmart.co.id atau aplikasi Shoesmart yang bisa kamu download di Play Store Android atau App Store iOS. Kami tidak menerima pemesanan melalui Facebook, Instagram, email, chat WhatsApp, atau akun media sosial lainnya.
Ketika saya melihat-lihat produk, ada beberapa yang ditandai “Out of Stock” lalu beberapa waktu kemudian tanda “Out of Stock”-nya hilang. Mengapa bisa begitu?
- Tanda “Out of Stock” muncul karena barang tersebut telah dipesan oleh pelanggan lainnya sehingga stoknya habis. Ketika stok barang telah tersedia kembali, tanda “Out of Stock” akan hilang.
Bagaimana cara berbelanja di Shoesmart?
- Untuk berbelanja di Shoesmart, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya klik ‘Icon orang’ di kanan atas website. Setelah selesai mengisi datamu, pilih barang yang ingin kamu beli, lalu klik ‘Tambahkan ke Keranjang’. Lakukan pembayaran dan konfirmasi. Pesananmu akan diproses dan dikirim. Selengkapnya kamu bisa lihat di Cara Pemesanan Sepatu.
FAQ Shipping
Apa saja partner jasa pengiriman Shoesmart?
- Kami bekerja sama dengan sejumlah kurir seperti JNE, J&T, Anteraja, Si Cepat, TIKI, Pos Indonesia, dan Ninja Xpress untuk mengantarkan pesananmu tiba di tempat tujuan.
Berapa lama waktu pengiriman di Shoesmart?
- Waktu pengiriman berlaku setelah pembayaran diterima oleh Shoesmart. Waktu yang ditentukan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman pada partner jasa pengiriman yang kamu gunakan.
Bagaimana cara mengetahui biaya pengiriman?
- Setiap pembelian produk di atas Rp 150.000 di website atau apps Shoesmart, maka kamu akan mendapatkan gratis ongkir maksimal sebesar Rp 20.000. Biaya pengiriman dapat dicek terlebih dahulu pada website partner jasa pengiriman yang akan kamu pilih dengan memasukkan kota tujuan pengiriman, atau kamu bisa langsung klik “Checkout” pada halaman pembelian, dimana kamu secara otomatis dapat mengetahui ongkos kirim berdasarkan alamat pengiriman yang telah kamu masukkan.
Bagaimana cara mengecek status pengiriman dari pembelian melalui website atau aplikasi Shoesmart?
- Setiap pembayaran yang telah berhasil akan langsung diproses oleh Shoesmart. Customer Service kami akan menginformasikan resi pesanan yang telah dikirim tersebut, sehingga kamu dapat melakukan pengecekan pengiriman status barang.
Apakah saya dapat mengirim ke alamat yang berbeda dari alamat rumah?
- Tentu bisa. Pada halaman ‘Alamat Pengiriman’ kamu dapat menambahkan alamat baru pada halaman tersebut. Setiap halaman baru yang dituliskan akan tersimpan dan tampil di website dan aplikasi Shoesmart, jadi kamu tidak perlu memasukkan alamat yang sama apabila sudah pernah mengirimkan barang ke halaman yang sudah tersimpan.